Sulit di- starter atau mesin
tidak mau hidup kerap menjadi masalah tersendiri bagi mobil pribadi seseorang,
apalagi bila ternyata si pemiliknya sama sekali tidak mengerti bagaimana
merawat mobil. Jangan sampai Anda menjadi salah satu diantara mereka yang buta
teknologi, sebab mati mesin tak jarang terjadi di saat Anda sama sekali tidak
mengharapkannya (misalnya menjelang rapat penting). Untuk itu, simak tips- tips berikut ini.
Hal pertama yang perlu diketahui
adalah sistem kelistrikan mobil, konvensional ataukah mobil modern yang sudah
menggunakan CDI (dalam arti serba elektronik). Bila mobil Anda telah
menggunakan sistem serba elektronik, jangan berusaha untuk membetulkannya
secara manual karena sistem ini membutuhkan ahli mekanik yang handal serta
peralatan yang hanya ada di bengkel-bengkel mobil.
Biasanya ada dua hal yang menjadi
penyebab mobil tidak bisa di- starter, pertama adalah karena aki yang sudah dalam kondisi kurang bagus
sistem kelistrikannya. Kedua adalah
karena supply listrik pada dinamo pada sistem pengapian konvensional.
Platina mungkin sudah tidak baik.
Kalau teknologi yang lebih maju, mungkin karena CDI. Kalau udah masalah CDI,
perlu ke bengkel, karena udah rumit dan sulit ditangani sendiri. Di permukaan
atas dari aki ada indikator yang
menunjukkan kondisi terakhir dari aki. Bisa nunjukkin kondisi aki bagus/rusak,
atau air aki kosong.
Kalo udah diperiksa tapi mobil masih
tidak bisa dihidupkan, hal itu bisa jadi disebabkan karena platina dan
kondensor. Masalah biasanya pada plat
yang terdapat di platina. Kalo tonjolannya sudah kusam berarti tidak bisa
menangkap percikan listrik. Supaya platina bisa kembali berfungsi dengan baik,
gunakan amplas untuk menghapus debu/flek yang menempel. Bila sudah selesai, pasang
kembali pada posisi semula. Platina yang telah dibersihkan biasanya akan mampu memancing
percikan api sehingga kembali besar, Bila tidak, berarti platina sudah tidak
bisa dipakai dan harus diganti.
Langkah
berikutnya
adalah melakukan pemeriksaan boks sekring. Perhatikan apakah sekring yang telah
terpasang masih utuh atau tidak. Kalau kawat sambungannya sudah putus, berarti
sekring sudah harus diganti. Untuk keadaan darurat, Anda bisa memakai kawat
atau serabut kabel untuk dipasang sementara pada sekring tersebut. Hal ini
tidak direkomendasikan sebagai solusi permanen, karena itu ganti secepatnya
dengan membawa mobil ke bengkel.
Hal
terakhir
yang biasa menjadi biang keladi mesin mobil tidak bisa di- starter adalah
karena suplai bahan bakar/udara yang kurang pada sistem karburator (dalam
hal ini berarti saringan karburator kotor). Periksa saringannya, cabut filter-
nya dan bersihkan dengan kuas atau sikat gigi. Jangan gunakan alat pemanas
seperti hair-dryer dan sejenisnya, karena hal tersebut bisa merusak dinding
saringan udara.
Bila
semuanya sudah dilakukan dan tidak ada perkembangan, tidak bisa tidak, bawalah
mobil Anda ke bengkel terdekat. Jangan-jangan, kerusakan bukan hanya pada aki
atau platina Anda.

Tidak ada komentar :
Posting Komentar