Senin, 06 Januari 2014

TIPS DAN TRIK MEMASANG TOWING STRAP

[Tips dan Trik] Jangan Sembarangan Memasang Towing Strap
Dalam berkendara banyak kemungkinan dapat terjadi, dan itu berlaku baik mobil-mobil muda ataupun tua sekalipun. Ada beberapa kasus trouble di jalan yang menyebabkan mobil tidak dapat berjalan namun mesin tetap dapat hidup dengan normal, misalnya: pelat kopling yang selip atau habis, putus tali kipas, gangguan pada perangkat pengereman dan lain-lainnya. Oleh karenanya terkadang mobil perlu ditarik atau diderek. Kalau kita memegang nomor telepon derek siaga 24 jam sudah barang tentu tidak masalah.  Jika tidak siap dengan itu, kita cenderung memanfaatkan bantuan mobil lain untuk menderek mobil yang bermasalah. Selain mempersiapkan tali Derek di bagasi mobil, perlu dicermati pula tata laksana pengaitan tali Derek tersebut pada cantolan Derek baik di mobil yang akan diderek atau yang akan menderek.

Di pasaran tersedia berbagai macam tali Derek yang dengan mudah dapat diperoleh. Bahannya pun bermacam-macam, cincin pengait di kedua ujungnya pun ada beberapa macam. Sebagai contoh kita gunakan dengan cincin pengait berupa huruf ‘C’ dengan baut kuncian. Apapun jenis dan merk tali Derek yang kita jumpai di pasaran, jangan pernah mengandalkan besi atau logam bahan pembuat cincin pengait , sebab meskipun terbuat dari besi biasanya bukan besi padat melainkan besi cor-coran atau cetakan dengan campuran aluminium. Setelah buka penutup cantolan towing di mobil dibuka, kaitkan tali Derek pada cantolan tersebut. Tapi harap diingat, jangan sekali-kali mengaitkan secara langsung cincin pengait tali Derek tadi pada cantolan di mobil, karena tidak mudah ditahui seberapa kuat cincin tersebut menarik dan menahan beban. Bila tetap dipaksakan, cincin tersebut bisa jebol dan tidak ada pengait lagi yang bisa diandalkan.

Cara terbaik mengaitkan tali Derek adalah dengan memanfaatkan cincin pengait sebagai pengunci. Pertama masukkan tali Derek tadi ke dalam cantolan towing di mobil, kemudian kunci menggunakan cincin pengait dengan bagian tali di area sebelum masuk cantolan towing. Usahakan bagian jahitan cincin pengait menumpu pada cantolan towing karena bagian tersebut merupakan bagian terkuat. Dengan dimikian beban akan tertumpu bukan pada cincin pengait tadi. 

Harap diperhatikan, tali derek yang digunakan setidaknya mesti memiliki panjang 3 meter untuk mengantisipasi pengereman mendadak dari mobil yang menderek. Selain itu, pada kasus trouble di sistim pengereman selalu usahakan membungkus tali Derek dengan pipa besi besar (berdiameter sekitar 3 inch) agar pengereman mobil yang diderek bisa menumpang pada mobil yang menderek.

Tidak ada komentar :

window.setTimeout(function() { document.body.className = document.body.className.replace('loading', ''); }, 10);